Sifat mekanis suatu bahan adalah kemampuan bahan tersebut memberikan  perlawanan apabila diberikan beban pada bahan tersebut. Atau dapat  dikatakan sifat mekanis adalah kekuatan bahan didalam memikul beban yang  berasal dari luar. Sifat penting pada baja adalah kuat tarik.
Pada waktu terjadi regangan awal, dimana baja belum sampai berubah  bentuknya dan bila beban yang menyebabkan regangan tadi dilepas, maka  baja akan kembali ke bentuk semula. Regangan ini disebut dengan regangan  elastis karena sifat bahan masih elastis. Perbandingan antara tegangan  dengan regangan dalam keadaan elastis disebut dengan “Modulus Elastisitas/Modulus Young”. Ada 3 jenis tegangan yang terjadi pada baja, yaitu:
- Tegangan, dimana baja masih dalam keadaan elastis;
 - Tegangan leleh, dimana baja mulai rusak/leleh; dan
 - Tegangan plastis, tegangan maksimum baja, dimana baja mencapai kekuatan maksimum.
 
Kekerasan baja adalah ketahanan baja terhadap besarnya gaya yang dapat menembus permukaan baja. Ketangguhan baja adalah hubungan antara jumlah energi yang dapat diserap oleh baja sampai baja tersebut putus.
Baja  mempunyai kekuatan yang tinggi dan sama kuat pada kekuatan tarik  maupun  tekan dan oleh karena itu baja adalah elemen struktur yang  memiliki  batasan sempurna yang akan menahan beban jenis tarik aksial,  tekan  aksial, dan lentur dengan fasilitas yang hampir sama. Semua  bagian-bagian dari konstruksi baja bisa dipersiapkan di bengkel,   sehingga satu-satunya kegiatan yang dilakukan di lapangan ialah  kegiatan  pemasangan bagian-bagian konstruksi yang telah dipersiapkan. Sifat  dari baja yang dapat mengalami deformasi yang besar di bawah  pengaruh  tegangan tarik yang tinggi tanpa hancur atau putus disebut  sifat  daktilitas.
Di  samping itu keuntungan-keuntungan lain dari struktur baja, antara lain  adalah:
- Proses pemasangan di lapangan berlangsung dengan cepat;
 - Dapat di las;
 - Komponen-komponen struktumya bisa digunakan lagi untuk keperluan lainnya;
 - Komponen-komponen yang sudah tidak dapat digunakan lagi masih mempunyai nilai sebagai besi tua; dan
 - Struktur yang dihasilkan bersifat permanen dengan cara pemeliharaan yang tidak terlalu sukar;
 
Selain keuntungan-keuntungan tersebut bahan baja juga mempunyai kelemahan-kelemahan sebagai berikut:
- Komponen-komponen struktur yang dibuat dari bahan baja perlu diusahakan supaya tahan api sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk bahaya kebakaran;
 - Diperlukannya suatu biaya pemeliharaan untuk mencegah baja dari bahaya karat; dan
 - Akibat kemampuannya menahan tekukan pada batang-batang yang langsing, walaupun dapat menahan gaya-gaya aksial, tetapi tidak bisa mencegah terjadinya pergeseran horisontal.
 
Sifat-sifat mekanis lainnya baja struktural untuk maksud perencanaan ditetapkan sebagai berikut:
- Modulus elastisitas : E = 200.000 MPa;
 - Modulus geser : G = 80.000 MPa;
 - Nisbah poisson : μ = 0,3; dan
 - Koefisien pemuaian : á = 12 x 10 -6 / o C.
 
Penggilingan dengan pemanasan (hot-rolling) adalah proses pembentukan  utama di mana bongkahan baja yang merah menyala secara besar-besaran  digelindingkan di antara beberapa kelompok penggiling. Penampang  melintang dari bongkahan yang ash biasanya dicetak dari baja yang baru  dibuat dan biasanya berukuran sekitar 0,5 m x 0,5 m persegi, yang akibat  proses penggilingan ukuran penampang melintang dikurangi menjadi lebih  kecil dan menjadi bentuk yang tepat dan khusus.
Pembentukan dengan pendinginan (cold-forming) adalah metode lain yang digunakan untuk
membuat komponen-komponen baja dalam jumlah yang besar. Satu hal lain yang membedakan proses-proses tersebut adalah bahwa  peralatan yang digunakan untuk proses pencetakan dengan pendinginan  lebih sederhana dan dapat digunakan untuk menghasilkan penampang  melintang yang bentuknya disesuaikan untuk penggunaan yang khusus. Beberapa keuntungan baja profil dingin antara lain:- Lebih ringan;
 - Kekuatan dan kakuan yang tinggi;
 - Kemudahan pabrikasi dan produksi massal;
 - Kecepatan dan kemudahan pendirian; dan
 - Lebih ekonomis dalam pengangkutan dan pengelolaan.
 
Telah ada pelengkung yang dirancang secara khusus dan mempunyai bentang  sangat panjang [misalnya bentang 300 ft (90 m) atau lebih]. Masalah utama dalam penggunaan baja untuk memperoleh permukaan  berkelengkungan ganda adalah memuat bentuk dari elemen-elemen garis.  Pada kubah,misalnya, baik pendekatan dengan rusuk atau geodesik adalah  mungkin.
Baja adalah satu-satunya material yang dapat digunakan sebagai struktur kabel. Kolom baja struktural umumnya mempunyai perbandingan tebal-tinggi  bervariasi antara 1 : 24 dan 1 : 9, yang tergantung pada beban dan  tinggi kolom. Setiap struktur adalah gabungan dari bagian-bagian tersendiri atau  batang-batang yang harus disambung bersama (biasanya di ujung batang)  dengan beberapa cara.
Jenis-jenis sambungan struktur baja yang digunakan adalah pengelasan serta sambungan yang menggunakan alat penyambung berupa paku keling (rivet) dan baut.
.jpg)
bgus.. ko rangkum ya? lbih mantap kalo dicantumkan referensinya..
BalasHapusmantap b(^__^)d
BalasHapusMantrap :D
BalasHapusTerima kasih dukungannya semua
BalasHapusthanks ilmunya bro. tetep semangat bagi2 yah
BalasHapusthanks ya
BalasHapusterimakasih banyak gan atas infonya
BalasHapussalam rajalistrik.com