08 Maret, 2011

Alat Ukur Tanah

Beberapa alat ukur yang banyak digunakan diantaranya ialah alat ukur yang digunakan untuk menentukan beda tinggi antara dua titik (alat penyipat datar atau alat ukur waterpass), alat ukur yang digunakan untuk mengukur sudut-sudut (theodolit) dan ada alat ukur yang digunakan untuk pengukuran guna pembuatan peta (boussole tranche montagne, plancet). Theodolit adalah salah satu alat ukur tanah yang digunakan untuk menentukan tinggi tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. Kedua sudut tersebut dapat dibaca dengan tingkat ketelitian sangat tinggi (Farrington 1997).

Dengan menggunakan alat ini, keseluruhan kenampakan atau gejala akan dapat dipetakan dengan cepat dan efisien (Farrington 1997). Theodolite adalah alat untuk mengukur sudut. Penggolongan yang utama adalah menurut cara yang dipakai untuk membaca lingkaran.

Cara-cara tersebut adalah:
  •     Theodolite vernier
Seperti tersebut pada namanya Theodolite ini dibaca dengan vernier, salah satu jenis skala tambahan, yang memungkinkan pembacaan sampai 20 detik.
  •     Skala optis atau mikrometer optis.
Teknologi GPS telah membawa kemajuan yang besar pada sistem navigasi dan penentuan posisi. Dengan menggunakan 24 satelit dan stasiun-stasiun buminya, GPS mampu melacak keberadaan pesawat, kendaraan, kapal, laptop, ponsel, dan bahkan orang per orang.

Ini semua menjadi mungkin karena teknologi GPS memiliki beberapa kemampuan sebagai berikut:
  • Memberikan data lokasi yang tepat untuk segala titik di muka bumi, pada segala cuaca;
  • Mampu menemukan lokasi dan memberi info tentang bagaimana menuju lokasi itu;
  • Menghemat waktu dan biaya survey pemetaan dengan hasil yang tetap akurat;
  • Ukuran alat yang semakin kecil dan murah, sehingga terjangkau oleh hampir semua orang; dan
  • Mampu melacak objek hingga titik lokasinya dengan akurat.
Data utama yang dihasilkan dari semua penerima GPS adalah data koordinat bujur dan lintang, namun ada dua fitur yang sangat berguna untuk melakukan pemetaan yaitu waypoints dan track-log.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar