13 Februari, 2011

Gerak

Gerak adalah sebuah kata yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contoh kalimat : " mobil itu bergerak dari arah selatan ke arah utara", "ketika kita berjalan pasti kita disebut bergerak". Nah dalam ilmu fisika pengertian gerak yah kira-kira sama atau boleh didefinisikan bahwa gerak adalah : "Suatu momen atau kejadian dimana suatu benda atau apapun yang mengalami perpindahan dari suatu tempat ketempat yang lain". Dalam dunia Fisika jenis gerak dari suatu benda dapat ditentukan oleh sebuah lintasan yaitu :
  • Bila suatu benda bergerak dengan lintasannya berupa garis maka dikatakan benda tersebut bergerak lurus;
  • Bila suatu benda bergerak dengan litasan berbentuk parabola, maka benda tersebut dinamakan gerak parabolik; dan
  • Bila suatu benda bergerak dengan lintasannya berupa lingkaran, maka benda tersebut disebut gerak melingkar.


Di dunia sains, gerak memiliki nilai besaran skalar dan vektor. Kombinasi dari kedua besaran tersebut dapat menjadi besaran baru yang disebut kecepatan dan percepatan. Kecepatan adalah suatu besaran dalam fisika yang dipengaruhi oleh jarak, waktu yang ditempuh dan mempunyai arah yang nyata. Percepatan adalah suatu besaran dalam fisika yang dipengaruhi oleh besarnya kecepatan dan waktu yang ditempuh.

Besaran adalah sesuatu yang bernilai atau yang mempunyai nilai tertentu.
Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus.

Dapat pula jenis gerak ini disebut sebagai suatu translasi beraturan. Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu obyek, dimana dalam gerak ini kecepatannya tetap atau tanpa percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak lurus suatu obyek, di mana kecepatannya berubah terhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap.

s = v_0 \cdot t +  \frac{1}{2} a \cdot t^2 \! 
Gerak Parabola adalah perpaduan antara GLB dan GLBB. Telah lahir software simulasi gerak parabola untuk anda seorang pengajar, mahasiswa, Siswa yang ingin mempelajari tentang gerak parabola. Semoga software ini dapat membantu anda. download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar